Artikel Kesehatan

Kebiasaan Penderita Maag Kronis Yang Salah

Kebiasaan Penderita Maag Kronis Yang Salah

Bagi penderita maag kronis pastinya mempunyai kebiasaan tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Mulai dari diet, mengatur pola makan dan juga mengatur gaya hidupnya. 

Itu merupakan langkah terpenting untuk mencegah penyakit maag kronis agar penyakitnya tidak kambuh sewaktu waktu. Maag kronis ini merupakan penyakit yang umum dirasakan masyarakat luas. 

Maag adalah salah satu gangguan yang paling umum ditemui di masyarakat umum yang disebabkan karena pola hidup terutama pola makan yang tidak teratur, kebiasaan makan tertentu ataupun stress yang berlebihan sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung dan menimbulkan keluhan seperti nyeri pada ulu hati atau perut sebelah kiri atas, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, nyeri kepala, ataupun rasa terbakar pada daerah dada atau tenggorokkan karena terjadinya kenaikan dari asam lambung (GERD).

Oleh karena itu banyak hal hal yang harus dibiasakan penderita maag agar penyakitnya tidak kambuh kembali. Tapi jangan salah kaprah, niat hati ingin memperbaiki kesehatan malah menimbulkan akibat yang lebih farah. Kenali lebih jauh mengenai kebiasan yang baik dan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita maag. 

Banyak orang yang menyepelekan penyakit maag ini. Mereka beranggapan maag kronis ini adalah penyakit biasa yang berkaitan dengan telat makan. Tapi sebenarnya jauh dari itu, maag kronis ini dapat membawa dampak yang lebih serius apabila melakukan kebiasaan yang buruk.

Berikut kebiasaan yang sebenarnya salah yang dilakukan para penderita maag kronis:

1. Menggangap Maag kronis penyakit biasa

Banyak orang yang menganggap penyakit maag kronis ini adalah masalah biasa. Mereka menyepelekan penyakit maag kronis ini dikarenakan maag kronis hanyalah masalah telat makan saja. Mereka membiarkan maag kronis ini tanpa ada pengobatan tindak lanjut. 

Maag kronis ini bisa berdampak lebih parah apabila tidak dilakukannya pengobatan yang efektif. Maag kronis ini bisa mengundang penyakit lain yang lebih berbahaya. Bahaya yang dapat menimpa antara lain asam lambung, nyeri ulu hati, tukak lambung dan yang lebih parahnya lagi adalah kematian.

2. Cara Minum Obat

Bagi penderita maag sangat penting mengetahui cara minum obat agar sesuai dengan aturan sehingga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Kenali dulu tipe dan jenis obatnya sebelum mengkonsumsi.

Ada 2 jenis obat maag yang banyak beredar, yaitu obat hisap dan cair. Kedua obat ini ternyata tidak boleh diminum dengan air mineral. Hal ini untuk memudahkan penyerapan obat maag sehingga asam lambung bisa dinetralisir dengan segera. Selain itu, Anda pun perlu memberi jarak 1 jam sesudah dan sebelum mengonsumsi obat untuk tidak makan ataupun minum. Cara mengonsumsi yang salah membuat obat maag tidak bekerja maksimal, sehingga produksi asam lambung sulit terkontrol.

3. Makan Buah Saat Maag

Makan buah saat maag memang efektif karena dapat membantu menurunkan kadar asam lambung di perut. Semua jenis buah memang bisa menyehatkan tubuh, namun buah dengan kandungan asam sitrat yang tinggi bisa membuat maag kronis memburuk. Karena itu semua jenis buah yang mengandung asam sitrat tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit maag.

Buah yang mengandung asam sitrat tinggi termasuk seperti jeruk, duku, kiwi, apel, leci, kelompok buah berri dan jenis buah lain. Sebagai alternatif maka penderita maag bisa mengkonsumsi buah yang memiliki rasa manis seperti semangka, melon, blewah dan jenis buah lain.

4. Bagi Penderita maag, minum obat setelah makan

Berbeda dengan penyakit lain, bagi penderita maag diharuskan minum obat sebelum makan. Maksudnya untuk menetralkan asam lambung jadi kalau makan asam lambung sudah netral kembali. Kalau kita minum obat setelah makan lantas apa yang akan diobati? Makanan didalam perut?.

Bagi penderita maag kronis minum obat satu jam sebelum makan. Obat maag bekerja dengan cara menetralkan asam lambung (enzim) yang baru akan diproduksi lebih banyak ketika lambung mencerna makanan Anda. Maka, supaya bisa bekerja dengan baik, obat ini harus sudah harus diserap dalam lambung untuk menetralkan asam yang nanti diproduksi saat Anda makan.

5. Penderita maag tidak boleh berpuasa

Maag bukan merupakan halangan Anda dalam berpuasa.Puasa tidak memicu atau memperparah kondisi mag. Malah puasa lebih baik untuk perut pasien maag karena saat puasa kan perut kosong. Justru keluhan mag malah munculnya sesudah berbuka puasa,” tambah Prof Murdani lagi.

Bagi penderita maag fungsional, berpuasa justru akan memperbaiki keadaan maag Anda. Dikarenakan selama puasa Anda akan mengontrol jam makan Anda, makanan yang Anda konsumsi, menghindari rokok dan alkohol sehingga maag dapat teratasi.

6. Jeruk nipis membuat maag kambuh dan perut perih

Jeruk nipis memiliki rasa yang asam dan dipercaya berbahaya bagi penderita maag. Namun ternyata walaupun rasanya asam, jeruk nipis memiliki sifat basa di lambung, sehingga sangat bagus untuk menetralisir asam lambung anda.

Pemicu mag setelah mengkonsumsi jeruk nipis bukan tingkat keasamannya, namun lebih kepada sugesti pikiran. “Kalau orang sudah bersugesti dia akan maag ketika mengkonsumsi jeruk nipis, maka maag-lah dia.

7. Makan yoghurt akan menimbulkan gejala maag kronis

Asam yang terkandung pada yoghurt tidak merangsang prosuksi asam lambung secara berlebihan. Sehingga aman untuk dikonsumsi penderita maag. Dari penelitian diketahui bahwa yoghurt membentuk asam laktat yang dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Selain itu, kandungan bakteri baik dalam yoghurt mampu menekan jumlah helicobacter pylori, yaitu salah satu penyebab kerusakan dinding lambung yang menimbulkan luka pada penyakit maag.

Sekali kamu menderita maag, maka kamu nggak akan bisa lepas darinya. Hal ini karena sudah menjadi mekanisme dalam tubuh. Kamu hanya bisa menjaganya supaya tidak kambuh. Maka dari itu kenali dari sekarang kebiasaan yang baik dilakukan oleh penderita maag.

Berikut contoh kebiasaan yang baik untuk mencegah maag kambuh:

1. Perbanyak minum air putih untuk membasuh makanan dan asam yang dapat tertumpah ke kerongkongan Anda. Anda dapat minum air, air mineral, teh tanpa kafein, jus non-jeruk, atau susu rendah lemak atau tanpa lemak.

2. Makanlah dengan teratur dalam porsi yang cukup, hindari menunda waktu makan, jangan makan hingga terlalu kenyang, hindari makan sebelum tidur karena meningkatkan resiko naiknya isi lambung.

3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam seperti makanan pedas, jeruk, dan kopi. Makanan atau minuman bersifat asam memicu rasa nyeri pada ulu hati.

4. Makanlah makanan yang mudah dicerna. Makanan yang mudah dicerna juga berkontribusi terhadap resiko penyakit ini, oleh karena itu .

5. Istirahat yang cukup juga berperan besar untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, juga dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda secara umum.

Anda dapat secara efektif mengelola dan menghindari efek parah dari maag jika Anda memiliki pola makan yang seimbang dan sehat. Mulai peduli tentang kebiasaan makan sesegera mungkin untuk mencegah maag.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari hari.

Posted by : Obat Alami Maag Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *