Artikel Kesehatan

Rekomendasi Makanan Yang Aman Untuk Penderita Maag

Rekomendasi Makanan Yang Aman Untuk Penderita Maag

Apa perasaan anda saat maag yang anda derita kambuh secara tiba tiba? Pastinya sakit dan seperti tersiksa ya?. Baik itu maag bisa atau pun maag yang keberlangsungannya sudah lama atau di sebut maag kronis.

Maag ini terjadi ketika kadar asam lambung di dalam perut tinggi. Asam lambung berguna sebagai pembantu lambung dalam menguraikan makanan yang kita konsumsi. Apabila asam lambung yang terdapat pada perut dalam jumlah yang melebihi kapasitasnya, maka akan terjadi maag.

Maag umumnya disebabkan oleh peradangan lambung (gastritis), infeksi bakteri dan juga pola makan yang buruk dan tidak teratur yang mengakibatkan menaikan kadar asam lambung dalam perut. Berikut  faktor penyebab kadar asam lambung naik :

  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Kafein
  • Makanan pedas
  • Merokok dan stres.

Jika asam lambung tidak segera diobati, itu dapat menyebabkan kehilangan darah di lambung dan meningkatkan risiko mengembangkan penyakit berbahaya seperti kanker perut.

Baca : Cara Menyembuhkan Maag Kronis Hanya Satu Minggu

Maag ini merupakan suatu gejala yang ditimbulkan dari gangguan lambung.  Apabila maag ini kambuh itu memberikan sinyal bahwa ada suatu masalah yang terjadi pada lambung. Sistem pencernaaan dan asupan makanan yang buruk akan menyebabkan masalah bagi lambung yaitu kenaikan asam lambung yang bisa menyebabkan maag kambuh.

Oleh karena itu agar maag yang kita derita tidak kambuh, kita harus menjaga asupan makanan sehari hari. Karena sejatinya maag kambuh itu akibat dari pola makan yang buruk dan tidak teratur. Nah dalam artikel ini, kami akan menginformasikan kepada anda tentang Rekomendasi Makanan Yang Aman Bagi Penderita Maag.

Rekomandasi makanan ini sangat baik untuk penderita maag agar mencegah maag yang dideritanya tidak kambuh sewaktu waktu. Simak baik baik informasinya dan terapkan dalam kehidupan sehari hari anda agar maag anda tidak kambuh.

1. Konsumsi Buah Buahan

Kita sudah tahu persis bagaimana khasiat buah buahan bagi kesehatan. Berkat kandungan vitamin dan mineralnya, buah buahan mampu menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Begitu pula bagi penderita maag, mengkonsumsi buah buahan sangat berguna untuk mencegah maag kambuh. Karena buah buahan ini  mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung. Buah-buahan juga bermanfaat dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung sehingga dapat menetralisir kenaikan asam lambung.

Tapi bagi penderita maag, jangan sembarang mengkonsumsi buah. Pilihlah buah yang mengandung asam rendah seperti apel, anggur, melon, kiwi, pear, dan buah persik, epaya, pisang, melon dan lain lain. Hindari makanan yang sudah di olah seperti jus, itu akan meningkatkan kadar asam lambung dalam perut.

2. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sama seperti buah buahan, sayur pun sangat penting sebagai asupan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih bagi penderita maag, sangat dianjurkan untuk mencegah maag kambuh kembali. Pilihlah sayuran yang baik dikonsumsi dan aman bagi  penderita maag kronis. 

Untuk pilihan sayuran, penderita maag di rekomendasikan sayuran yang banyak mengandung serat alami. Sayuran yamg aman bagi penderita maag misalkan : wortel, brokoli, kentang, bayam, sawi kubis dan lainnya. Untuk mendapatkan kandungan gizi yang maksimal dari sayuran ini, anda harus memasaknya dengan cara yang benar. Karen jika salah cara memasaknya akan menghilangkan gizinya bhakan akn berbahnya dikonsumsi bagi penderit maag.

3. Konsumsi Makanan Yang Lunak

Mengkonsumsi makanan lunak bertujuan untuk memudahkan lambung dalam mencerna makanan, sehingga tidak  memperberat kerja sistem percernaan. Hal ini dapat meminimalisir kenaikan asam lambung.

Makanan lunak yang baik untuk dikonsumsi di antaranya bubur, nasi tim, sayuran yang dimasak hingga lembut, kentang rebus atau tumbuk, telur rebus atau telur orak-arik, dan ikan.

4. Mengkonsumsi Yogurt

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan. Selain itu yogurt ini dapat menetralkan kadar asam lambung dalam perut sehingga mencegah maag kambuh. Yogurt ini mengandung probiotik dan suplemen yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi yoghurt setiap hari ketika sakit maag kambuh sampai empat minggu setelahnya.

5. Mengkonsumsi Oatmeal

Makan semangkuk oatmeal sebelum memulai aktivitas dianjurkan untuk pasien dengan mulas. Ini karena oatmeal dapat menyerap asam lambung dan dapat mengurangi gejala refluks asam. Selain itu, oatmeal dapat menjamin asupan serat yang sehat untuk tubuh Anda.

6. Mengkonsumsi Daging Yang Tanpa Lemak

Pastikan untuk tidak mengkonsumsi daging yang dijadikan makanan bersantan karena bisa menyebabkan maag. Pakar kesehatan sendiri merekomendasikan daging panggang atau daging rebus yang jauh lebih sehat. Daging itu dapat anda peroleh.

7. Mengkonsumsi Makanan yang berserat.

Meningkatkan makanan dengan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus pada lambung dan usus karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus. Serat yang biak dapat nad temuukan di gandum, kacang-kacangan, seperti kacang hijau, serta sayuran, seperti bayam, kangkung, kembang kol, dan masih banyak lagi.

Itulah rekomendasi makanan yang baik di konsumsi untuk mencegah kambuhnya maag yang anda derita, Pastikan anda merubah pola mkan dan supan sehari hari agar terpeliharanya kesehatan lambung anda.

Baca : Kebiasaan Penderita Maag Kronis Yang Salah

Namun selain mengkonsumsi makanan di atas, anda juga harus menghindari beberapa makanan berikut. Makanan yang ini dapat meningkatkan asam lambung dalam perut. Makanan yang harus dihindari adalah :

1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan dan usus besar, hingga memperparah gejala maag kronis. Hindari juga konsumsi rempah-rempah, termasuk bawang putih atau bawang merah yang juga bisa membuat perut semakin sensitif.

2. Hindari Minuman Berkafein Atau Soda

Minuman ini dapat memperparah refluks asam lambuh dan meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Juga minumanseperti itu akan menimbulkan gas yang dapat menyebabkan kembung dan perut kram.

3. Makanan Asam

Makanan yang mengandung rasa asam dapat menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Rasa Asam dari buah belimbing wuluh, jeruk nipis dan cuka dapat menyebabkan iritasi lambung

4. Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan yang mengandung minyak dapat meningkatkan zat asam lambung karena makanan berminyak umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Demikian dengan makanan berlemak, makanan dengan lemak tinggi dapat menyebabkan kolesterol bagi penderita maag, meningkatkan risiko obesitas dan potensi penyakit serius lainnya.

5. Hindari Merokok dan Stres

Merokok maupun stres dapat memperarah gejala yang di timbulkan oleh maag dan menyebabkan mag ini kambuh kembali. Mulai hari ini tinggalkanlah kebiasaan merokok anda dan hindari diri anda strees.

Nah setelah anda menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang di rekomendasikan di atas tadi dan menghindari makanan yang dilarang, selanjutnya anda harus rutin menggerakakn tubuh anda dengan olah raga secara teratur. Supaya dapat terus menjaga kesehatan diri anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan . Jaga terus kesehatan diri anda dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaaat dan terima kasih telah membacanya sampai akhir.

Rekomendasi Makanan Yang Aman Untuk Penderita Maag

Posted by : Obat Alami maag Kronis

Previous : Cara Alami Mengobati Maag Kronis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *